Thursday, March 28, 2024

URL Redirect dengan Script PHP

Aug 01, 2011 by pakdhetimin - 1.3K views

URL Redirect dengan Script PHP

 

Redirecting sebuah URL dalam script PHP dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah fungsi yaitu header().

Yang dimaksud dengan redirecting adalah mengalihkan sebuah alamat URL menuju ke alamat URL lain, misalnya : alamat URL http://www.kotakhitam.net akan dialihkan menuju ke http://www.kotakhitam.id

Jadi, bila seseorang mengetikkan alamat URL di browser mereka http://www.kotakhitam.net saat di-eksekusi, browser secara otomatis akan mengalihkannya menuju http://www.kotakhitam.id.

Perintahnya adalah sebagai berikut:


<?php
  header("Location: http://www.redirecturl.com/");
?>

Dimana http://www.redirecturl.com/ diganti dengan alamat tujuan pengalihan sesuai kehendak anda, dalam hal ini menurut contoh saya adalah http://www.kotakhitam.id/ dimana nanti file PHP yang berisi script diatas dinamakan dengan index.php dan file ini ditempatkan di root directory server http://www.kotakhitam.net/.

Catatan:
Anda harus memanggil function ini sebelumnya tidak ada segala output, bila tidak server akan otomatis generate sebuah header pada anda dan anda akan menerima sebuah pesan error "Cannot modify header information - headers already sent". Bahkan anda tidak boleh menempatkan sebuah spasi pun. Pastikan code <?php anda dimulai sejak awal dokumen dan jangan menempatkan fungsi print atau echo sebelum code redirect.


Komentar