Wednesday, April 24, 2024

Recover GRUB After Installing Windows

Jul 03, 2017 by pakdhetimin - 3.5K views

Recover GRUB After Installing Windows

 

Netizen pasti ada yang menggunakan linux dan windows secara bersamaan dalam satu komputer atau laptop, istilah umumnya Dual Booting; nah, sesaat setelah booting awal komputer pasti bakal ada menu pilihan sistem operasi yang tertampil, semisal mau masuk linux atau windows, namanya adalah GRUB. Suatu saat mengalami crash sistem windows-nya sehingga harus instal ulang windows; setelah instal ulang windows ternyata menu pilihan sistem operasi antara linux dan windows (GRUB) hilang karena tertimpa saat instal ulang windows tadi sehingga saat booting akan otomatis masuk ke OS Microsoft Windows. Bagaimana cara mengembalikan (recover) GRUB yang hilang karena instal ulang windows tadi?

Berikut cara recover atau mengembalikan GRUB setelah instal ulang windows, khususnya linux Ubuntu:

  1. Pertama, booting komputer atau laptop menggunakan Linux/Ubuntu Live CD (kalau belum punya bisa membuatnya dulu menggunakan usb flashdisk atau dvd, cara membuat Linux Live CD klik disini).
  2. Pilih Try Ubuntu untuk menjalankan linux Ubuntu tanpa harus menginstallnya dulu, buka Terminal Console dan cari partisi hardisk yang terinstal linux dengan perintah:
    sudo fdisk -l
    
    
  3. Seperti contoh di komputer pc saya:
  4. Jalankan perintah ini:
    sudo mount /dev/sdaX /mnt
    
    
    Dimana X adalah angka partisi linux yang terinstal (partisi yang ada kata Linux), dalam komputer saya X adalah angka 5, silakan sesuaikan dengan yang ada dalam komputer anda.
  5. Jalankan perintah ini untuk kembali install grub yang hilang:
    sudo grub-install --root-directory=/mnt /dev/sda
    
    
  6. Selanjutnya jalankan perintah:
    sudo update-grub
    
    
    Dan tunggu sampai selesai, setelah itu reboot komputer atau laptop anda.

Selamat mencoba.


Komentar